PELATIHAN PIDATO BAHASA JAWA DI DESA KEDUNGPOH

rosadillah 30 November 2016 12:28:50 WIB

            Desa kedungpoh melaksanakan kegiatan palatihan pidato bahasa jawa oleh Bapak Joko Trilaksono dari Wonosari pada tanggal 29-30 November 2016, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama membahas tentang teori menggunakan bahasa jawa (kromo inggil) yang baik dan benar. Di hari ke dua ini sudah melakukan praktek yang terdiri dari praktek memakai bawahan jarik tentang bagaimana melipat wiru jarik yang benar untuk laki - laki dan perempuan, pidato bahasa jawa (kromo inggil) menerima manten dan menyerahkan manten. 

            Peserta pelatihan pidato bahasa jawa ini terdiri dari Bapak Ibu Dukuh, Bapak RT dan RW, Pemuda Karang Taruna, serta warga masyarakat Desa Kedungpoh yang mau belajar pidato bahasa jawa (kromo inggil) yang baik dan benar. Desa Kedungpoh melaksanakan kegiatan ini dikarenakan semakin sedikitnya orang yang bisa menggunakan bahasa jawa (kromo inggil) dengan baik dan benar. Kita sebagai orang tua saja belum tentu bisa menggunakan bahasa jawa (kromo inggil)  apalagi anak cucu kita. 

           Mari kita lestarikan kebudayaan jawa  supaya warga masyarakat khususnya di Desa Kedungpoh memiliki unggah - ungguh dan sopan santun yang baik. Bagaimana jika kita lewat didepan orang tua, bagaimana kita bertamu, bagaimana kita menerima tamu, dll. Kita mulai bisa mempraktekkan dari hal - hal yang paling kecil terlebih dahulu. 

           Semoga dengan adanya pelatihan ini, warga di Desa Kedungpoh bisa melestarikan kebudayaan  jawa.

Dokumen Lampiran : pelatihan pidato bahasa jawa desa kedungpoh


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung