STUDY BANDING BPD DAN PEMERINTAH DESA KEDUNGPOH TENTANG BUMDES DI DESA PONGGOK KLATEN

rosadillah 03 Januari 2017 10:30:51 WIB

akhir tahun 2016 ini BPD dan pemerintah desa kedungpoh melaksanakan study banding ke bumdes tirta mandiri desa ponggok klaten pada hari kamis 29 desember 2016. saat menginjakkan kaki didepan balai desa ponggok tak ada kata yang bisa terucap hanya mergumam luar bisa sekali balai desanya, megah sekali waw!

Bumdes tirta mandiri Desa Ponggok klaten bisa menggaji anggotanya sebanyak 80 orang dengan gaji sebesar 1700.000. desa ponggok klaten ini bisa membiayai bpjs seluruh warganya dengan uang yang dihasilkan dari bumdes tirta mandiri. ada hal yang yang membuat kita sangat terkagum - kagum yaitu adanya program 1 rumah 1 sarjana yang biaya kuliahnya dibantu oleh pemerintah desa ponggok. sangat luar biasa yang setiap bulannya dibantu dana sebesar 400.000 ribu rupiahdan tidak memandang masyarakat tersebut kaya atau miskin yang penting terwujud adanya program 1 rumah 1 sarjana tersebut.

seluruh warga desa ponggok banyak yang kerja di pt. aqua dan tidak boleh adanya urbanisasi ke desa - desa lain karena desa ponggok sendiri banyak sekali lapangan pekerjaan. bumdes tirta mandiri mempunyai 10 unit usaha antara lain umbul ponggok, ciblon, swalayan bumdes, kios - kios, simpan pinjam, dll,. dan yang paling booming sekarang yaitu adanya umbul ponggok yang banyak sekali digunakan selfie oleh para pemuda pemudi di yogyakata dan jateng seluruhnya pada berduyun - duyun kesana karena kagum dengan spot - spot foto di bawah airnya.

karang taruna desa pun tak kalah bagusnya, karena bisa memberikan dana untuk apbdes sebesar 5.000.000 setiap tahunnya. desa ponggok mewajibkan seluruh kepala keluarga mempunyai tabungan yang di investasikan ke dalam bumdes tirta mandiri desa ponggok sebesar 5.000.000 per kk. seluruh perangkat desa diberi fasilitas handphone android, karena desa ponggok mempunyai jaringan internet tersendiri yang dikhususkan untuk masyarakat desa ponggok menggunakan internet secara gratis. pada tahun 2016 bumdes tirta mandiri desa ponggok bisa menghasilkan kurang lebih 10 milyar. luar bisa sekali.

adapun tujuan kami datang dan study banding ke desa ponggok adalah untuk belajar bagaimana menciptakan bumdes yang bisa memajukan desa. bagaimana mengelola bumdes supaya bisa menghasilkan pendapatan sebesar itu. semoga adanya study banding ini kami pemerintah dea kedungpoh beserta lembaga di desa kedungpoh bisa mencontoh bumdes tirta mandiri dan bisa membuat kesejahteraan masyarakat meningkat.

Dokumen Lampiran : STUDY BANDING BPD DAN PEMERINTAH DESA KEDUNGPOH TENTANG BUMDES DI DESA PONGGOK KLATEN


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung