Pentingnya Penggunaan Masker di Masa New Normal Ini

05 Agustus 2020 14:45:03 WIB

Selama Pandemi Covid-19, Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19 mengatakan semua pihak wajib memakai masker. Masker penting digunakan untuk penyebaran droplet. Masker yang digunakan harus menutupi bagian mulut, hidung, hingga ke dagu. Selain itu, masker yang digunakan tidak boleh kendor. Masker yang kendor membuat udara masuk tanpa terfilter oleh masker sehingga virus dan bakteri lebih mudah masuk ke saluran pernapasan.

Saat ini, terdapat 4 jenis masker:

  1. Masker Kain. Masker kain merupakan masker yang terbuat dari kain yang dapat dibersihkan dan digunakan kembali.
  1. Masker Bedah. Masker bedah adalah masker yang sering digunakan oleh tenaga kesehatan. Masker ini lebih efektif melindungi dibandingkan dengan masker kain. Namun penggunaannya yang hanya sekali pakai
  1. Masker N95. Masker N95 memiliki tingkat proteksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan masker bedah. Hal ini dikarenakan tidak adanya kebocoran atau celah pada masker sehingga dapat melindungi dari paparan virus. Masker ini mampu menahan partikel berukuran 0,1 mikron dengan efektivitas diatas 95%.
  1. Respirator mask atau full-face mask. Masker ini umumnya dipakai pada lingkungan industri yang memiliki potensi terpapar partikel berbahaya.

 

Masker bedah dan masker N95 saat ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan yang berjuang untuk menanggulangi Covid-19. Bagi masyarakat, disarankan menggunakan masker kain. Masker kain yang direkomendasikan adalah masker yang memiliki 3 lapisan kain.

Lapisan pertam adalah lapisan kain hidrofilik seperti katun, kemudian dilapisi oleh kain yang bisa mendukung viltrasi lebih optimal. Untuk lapisan kedua ini bisa juga menggunakan katun atau polyester. Lapisan ketiga atau bagian masker paling luar menggunakan lapisan hidrofobik atau bersifat anti air seperti terbuat dari polypropylene.

Berikut dapat diunduh panduan penggunaan masker.

Sumber: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Dokumen Lampiran : Buku Pedoman Pentingnya Penggunaan Masker


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung