Pemanfaatan Sampah Plastik untuk Media Vertikultur

05 Agustus 2020 16:16:29 WIB

Sampah merupakan permasalahan yang perlu kita tangani bersama.  Tidak hanya di kota namun di desa sampah juga menjadi permasalahan yang perlu ditangani secara serius. Diantara berbagai jenis sampah, plastik adalah salah satu jenis limbah yang menjadi ancaman terhadap kerusakan bumi. Untuk itu salah satu cara untuk dapat mengurangi volume pemakaian plastik yaitu dengan cara didaur ulang atau dimanfaatkan kembali. Salah satu contoh pemanfaatan limbah plastik adalah pembuatan polybag dari bahan plastik bekas minyak goreng atau botol-botol bekas air mineral kemasan untuk dijadikan pot tanaman. Salah satu Alternatif yang dapat digunakan sebagai Pot Hidup tanaman adalah botol bekas melalui proses Recycle dan dijadikan sebagai media vertikultur.

Vertikultur berasal dari bahas inggris yaitu verti (bertingkat) dan culture (budidaya). Dari istilah tersebut, vertikultur merupakan kegiatan bertanam yang dilakukan dengan menempatkan media tanam dalam suatu wadah dan disusun secara vertikal. Diantara manfaat dari system vertikultur adalah sebagai berikut:

  1. Mempermudah perawatan
  2. Mempercepat pertumbuhan
  3. Mempermudah pemanenan dan tidak membutuhkan banyak energi
  4. Menghemat pemupukan

 

Dalam mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan rumah dan memanfaatkan limbah plastik, ibu rumah tangga memiliki peran yang sangat besar untuk mewujudkan hal tersebut. Dalam hal ini kami sangat berharap ibu rumah tangga dapat berpengaruh untuk mendukung Indonesia bebas sampah dan mewujudkan ketahanan pangan keluarga.

CARA MEMBUAT MEDIA VERTIKULTUR

Berikut adalah video tutorial tentang pembuatan media vertikultur menggunakan botol plastik bekas

 

 

 

 

Sumber:

Santosa, Sedoya, Dia Rohmanugraha*, Yunas Tri Antoro, Tita Rochmatul Nurjanah Erie Wardani, Narendra Jumadil HR, Istaqim Lailal M**, Nurul Hidayah, Ermawati, Mutiara Dwi Rahman, Mahmud Yusron, “Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan Rumah dengan Sistem Vertikultur dari Limbah Plastik Sebagai Upaya Mendukung Indonesia Bebas Sampah dan Mewujudkan Ketahanan Pangan Keluarga di Dukuh Baturan Kec. Gantiwarno Kab. Klaten”, Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Volume 18, Nomor 2, 2018.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung