Enam Cara Sederhana Untuk Mengurangi Penggunaan Plastik

08 Agustus 2020 19:57:46 WIB

Lebih dari 300 juta ton plastik diproduksi setiap tahun, 50% di antaranya terdiri dari barang sekali pakai seperti sedotan, botol kopi, dan tas belanja. Karena hanya sekitar 20% dari plastik yang benar-benar didaur ulang per tahun secara global, sebagian besar sampah plastik berakhir di tempat pembuangan sampah. Tidak hanya itu, Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), delapan juta ton sampah plastik ini masuk ke lautan kita setiap tahun — membunuh sekitar satu juta burung laut dan 100.000 hewan laut setiap tahun saat mereka terjerat atau menelan puing-puing plastik.

Tapi polusi plastik bukan hanya ancaman bagi hewan, itu juga berbahaya bagi kita manusia. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Science and Technology, manusia mungkin mengonsumsi antara 39.000 hingga 52.000 partikel mikroplastik per tahun berkat mikroplastik yang ditemukan dalam makanan umum seperti ikan, ayam, garam laut, madu, bahkan bir. Terlebih lagi, "plastik mikro dari produk kecantikan dan serat pakaian sintetis juga berakhir di air minum kita," kata Anita Vandyke, seorang rocket scientist yang berpusat di Sydney, ahli lingkungan dan penulis A Zero Waste Life. Menelan atau menghirup mikroplastik dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk peradangan, genotoksisitas, stres oksidatif dan nekrosis, kata CIEL.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah polusi plastik yang semakin meningkat?

  1. Cukup Katakan Tidak

"Ini berarti belajar menolak hal-hal yang tidak Anda butuhkan," kata pendiri Zero Waste Home, Bea Johnson. Baik itu sedotan plastik gratis di kafe, pena di konferensi, sikat gigi gratis di dokter gigi atau kantong plastik khusus di toko ritel. Barang gratisan seperti contoh tersebut biasa digunakan untuk menarik konsumen di mana saja. Jadi, lain kali seseorang menawarkan Anda produk plastik — apakah itu tas, sedotan atau mainan — luangkan waktu sejenak untuk bertanya pada diri sendiri, 'apakah saya benar-benar membutuhkan ini?' Anda akan menemukan bahwa 99% jawabannya adalah tidak, "kata pakar gaya hidup bebas limbah

  1. Berbelanja barang-barang yang menggunakan sedikit atau tanpa kemasan plastik

Pilih produk yang memiliki kemasan plastik minimal atau tidak sama sekali, saran Lauren Singer, aktivis lingkungan yang berbasis di New York dan penulis blog gaya hidup tanpa limbah, Trash is for Tossers. Ini tidak hanya akan membantu mengurangi permintaan untuk kemasan plastik (yang merupakan salah satu item plastik sekali pakai yang menumpuk di tempat pembuangan sampah) tetapi juga akan membantu Anda menghemat uang, katanya.

  1. Beli dalam jumlah besar atau grosir

Johnson dan Singer merekomendasikan membeli bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari lainnya dalam jumlah besar atau grosir. Jika Anda tidak dapat membeli dalam jumlah besar di toko lokal Anda, temui suppliernya, saran Johnson. "tempat makan sendiri ke restoran atau warung, keranjang sendiri ke pasar untuk sayur dan buah" tambahnya.

  1. Ganti produk plastik sekali pakai dengan yang dapat digunakan kembali

Cara hebat lainnya untuk mengekang sampah plastik adalah dengan beralih ke barang yang bisa digunakan kembali daripada mengandalkan barang-barang plastik sekali pakai seperti tas jinjing, wadah, dan peralatan makan. Anda dapat menggunakan botol kaca bekas untuk membeli cairan seperti minyak, saus, sampo, dan sabun cair. Selain itu, saya sarankan untuk membawa peralatan dan peralatan makan Anda sendiri daripada menggunakan peralatan plastik sekali pakai saat Anda makan di luar

  1. Buat peralatan Zero Waste Anda sendiri

Buatlah peralatan tanpa zero waste dan bawa ke mana-mana. Tinggalkan di pintu depan dengan sepatu Anda atau di dalam mobil Anda sehingga Anda tidak akan pernah melupakannya. Kit tanpa limbah bisa meliputi:

 

  1. Botol air yang dapat digunakan kembali
  2. Tas kain
  3. Sedotan baja tahan karat
  4. Cangkir kopi yang dapat digunakan kembali

 

  1. Pertimbangkan daur ulang sebagai pilihan terakhir

Gaya hidup tanpa limbah tidak berarti mendaur ulang lebih banyak tetapi lebih sedikit dengan mencegah barang-barang yang tidak perlu memasuki ruang Anda sejak awal, kata Johnson. Penting juga untuk dipahami bahwa plastik di unit daur ulang tidak benar-benar 'didaur ulang'. Sementara bahan lain seperti kaca, kertas dan aluminium dapat didaur ulang tanpa batas tanpa penurunan kualitas bahan, plastik diturunkan menjadi bentuk plastik yang kualitasnya terus berkurang sampai tidak dapat didaur ulang lebih jauh dan dibuang ke tempat pembuangan sampah

 

 

 

 

Sumber:

https://www.forbes.com/sites/nomanazish/2020/03/30/seven-simple-ways-to-reduce-your-plastic-footprint

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung