Menilik Uniknya Seni Gejog Lesung di Desa Kedungpoh

12 Agustus 2020 21:10:44 WIB

Sebagai desa yang kaya akan budaya, Desa Kedungpoh memiliki suatu jenis kesenian yang unik dan menarik, yaitu kesenian Gejog Lesung. Gejog Lesung adalah kesenian tradisional berupa permainan instrumen musik perkusi menggunakan alat penumbuk padi tradisional (lesung dan alu/antan) yang berkembang dalam kelompok masyarakat yang berprofesi sebagai petani di berbagai kabupaten di DIY. Dalam Bahasa Jawa, "gejog" atau "kothekan" artinya memukul. Sementara "lesung" merupakan wadah untuk menumbuk padi yang terbuat dari kayu gelondong yang dipahat hingga memiliki rongga di tengahnya layaknya bentuk perahu. Alu/antan adalah alat penumbuk padi berupa batang kayu panjang dengan diameter seukuran genggaman tangan orang dewasa. 

Gejog Lesung dimainkan beramai-ramai oleh sekitar 10 orang atau lebih tergantung besar lesung yang digunakan. Secara bergantian mereka memukuli lesung dengan alu/antan sehingga menimbulkan suara ketukan bersahut-sahutan dengan irama unik nan indah. Seiring lantunan irama pukulan para penabuh lesung, sekelompok lainnya akan menyanyikan lagu atau tembang Jawa sambil menari.

Di Desa Kedungpoh, para pegiat seni Gejog Lesung ini tergabung dalam suatu komunitas yaitu, Kelompok Seni Gejog Lesung Sekar Tejo. Anggotanya sekitar 25 orang, yang terdiri dari berbagai golongan usia mulai dari orang tua hingga anak-anak. Kelompok ini mulai terbentuk pada tahun 2013, namun baru mulai berkembang pada tahun 2015. Perkembangan ini ditandai oleh banyaknya lomba yang dimenangkan oleh Kelompok Seni Gejog Lesung Sekar Tejo, di antaranya yaitu Juara 1 Lomba Gejog Lesung Tingkat Kabupaten dan Juara 3 Lomba Gejog Lesung Tingkat Provinsi. Selain berkompetisi, Kelompok Seni Gejog Lesung Sekar Tejo juga sering tampil pada acara-acara kesenian di DIY.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung