Strategi Pengembangan Materi Pelatihan Pra kerja

17 Agustus 2020 19:43:13 WIB

Materi pelatihan adalah bagian penting dari setiap program atau kegiatan yang melibatkan akuisisi pengetahuan dan retensi. Pendekatan terbaik untuk mengembangkan bahan ajar adalah mulai dengan memeriksa rencana pelatihan dan sumber daya yang tersedia.

Tergantung pada tujuan belajar dan panjang program pelatihan, materi pelatihan mungkin termasuk workbook, buku pedoman pelatihan, pelajaran berbasis komputer maupun alat bantu audio – visual.

Beberapa strategi untuk mengembangkan materi pelatihan
Proses prosedur dan praktik terbaik mendokumentasikan cenderung diabaikan padahal hal ini mendukung prioritas yang lebih tinggi untuk pelatihan.

Apakah anda bertanggung jawab kepada peserta pelatihan untuk melakukan pekerjaan baru, menggunakan perangkat lunak komputer, menanggapi panggilan klien atau melakukan sejumlah tugas lainnya, Kabar baiknya adalah bahwa anda dapat menggunakan aplikasi Office untuk mengimplementasikan beberapa proses yang lebih alami untuk pem atan materi pelatihan sehingga menghasilkan materi pelatihan yang tepat.

Beberapa tips untuk membuat materi training sesuai kebutuhan:

1. Buat catatan penting sebelum menyusun materi
Praktek-praktek terbaik yang dikembangkan mungkin tidak hanya tersimpan di memori anda anda satu hari. Anda mungkin telah bekerja dengan tim dan mungkin selama jangka waktu yang panjang akan mempertimbangkan cara terbaik untuk mencapai proses dan untuk menentukan kesuksesan degan cepat.

Apakah prosesnya panjang atau pendek, lama atau baru membuat catatan untuk menyimpan materi training terbaik yang ingin anda gunakan sebagai dasar untuk pelatihan tersebut. Mengatur catatan sebelum membuat materi training sebagai catatan bersama sehingga semua orang di tim anda dapat menambahkan pikiran dan saran-saran mereka sendiri karena anda mengkonsolidasikan konten.

2. Membangun materi pelatihan dengan kebutuhan peserta
Setelah anda telah mendapatkan catatan mengenai praktik terbaik yang ingin anda gunakan, anda dapat membangun presentasi dari konten dalam catatan bersama diatas bisa berupa PowerPoint yang memungkinkan anda untuk membuka catatan bersama.

Presentasi berkembang akan lebih mudah dijalankan bila anda memiliki catatan kecil selain materi pelatihan. Anda akan bisa memilih mana catatan bahkan bagian mana dalam catatan tersebut yang harus anda buat materi utama kemudian disalin dengan menyisipkan konten, gunakan sumber daya yang anda kumpulkan atau hanya menggunakan catatan sebagai petunjuk untuk membuat slide untuk pelatihan.

3. Buat handout dari bahan yang sama
Setelah anda membuat materi terbaik ke dalam presentasi PowerPoint, anda dapat menggunakan presentasi untuk membuat handout bagi peserta training. PowerPoint mencakup beberapa hal yang memungkinkan anda untuk memilih beberapa format untuk dokumen akhir.

4. Membuat buku pelatihan
Dengan handout dari presentasi anda yang disimpan dalam format Word, anda dapat menambahkan halaman sampul, daftar isi, pengantar dan setiap konten yang diperlukan untuk mengatur berbagai prosedur untuk praktek terbaik dalam mendokumentasikan materi training tersebut.

Untuk memasukkan beberapa skenario dalam satu buku, anda bisa membuat bagian untuk mengakomodasi setiap training.

Anda juga dapat membuat bagian-bagian halaman untuk bagian yang terpisah sehingga peserta dapat menemukan apa yang mereka butuhkan dengan mudah. Setelah Anda menyelesaikan dokumen, simpan s dokumen tersebut ebagai PDF untuk dikirim melalui email kepada peserta atau termasuk untuk di download sebelum pelatihan.

5 . Bagikan materi training
Bila anda telah selesai membuat materi training yang terbaik, bagikan kepada tim trainer anda agar mereka dapat mempelajarinya dengan mudah. Berikan kesempatan umpan balik dari peserta pelatihan anda sehingga anda dapat dengan mudah memperbarui dan merevisi pelatihan yang diperlukan.

Seiring waktu, anda dapat membangun sebuah perpustakaan materi pelatihan praktek terbaik sehingga staf anda akan selalu memiliki akses ke prosedur yang paling efektif untuk tugas-tugas bisnis mereka.

Apa yang membuat membuat pelatihan atau training menjadi lebih baik? Itu bukan pertanyaan yang mudah untuk menjawab dan ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan. Tidak ada keraguan bahwa dengan pertumbuhan teknologi internet dan komputer, pelatihan pribadi tidak pernah lebih penting untuk semua individu dan profesional yang ingin bersaing dengan industri.

Sumber: https://ilmumanajemensdm.com/cara-membuat-materi-training-atau-materi-pelatihan-yang-bagus/

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung