Ki Wakijan Tondho Raharjo, Seniman Wayang Kulit Asal Dusun Klayar

18 Agustus 2020 15:08:46 WIB

Masyarakat Gunungkidul, khususnya Dusun Klayar, masih menjaga warisan kesenian wayang hingga saat ini. Salah satu dalang tersohor berasal dari desa ini, beliau bernama Ki Wakijan Tondho Raharjo, biasa disapa Mbah Wakijan. 

Mbah Wakijan mulai berdalang sekitar tahun 1986. Beliau pernah diminta tampil untuk menghibur para pengungsi korban erupsi Gunung Merapi di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Pada tahun 2007, beliau bertekad untuk mendirikan sanggar wayang.

Dalang yang paling menyukai karakter Bagong dan Durna ini mengungkapkan bahwa dalam pewayangan termuat nilai-nilai kehidupan yang luhur. Oleh karena itu kesenian wayang menurutnya sangat cocok untuk dijadikan media dakwah, menyebarkan nilai-nilai keagamaan.

Karena itu ia sangat menyayangkan adanya sekelompok masyarakat yang menolak keberadaan wayang kulit karena dinilai menyimpang dari syariat agama.

Sekitar tahun 2007, dalang yang saat ini sudah menginjak usia 61 tahun ini nekat mendirikan sebuah sanggar wayang. Ia harus menjual 8 ekor sapinya untuk bisa membeli seperangkat gamelan seharga lebih dari Rp 200 juta.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung