SEKOLAH LAPANG TANAMAN BAWANG MERAH PETANI MILENIAL KAPANEWON NGLIPAR TAHUN 2022

04 Juli 2022 10:16:17 WIB

KEDUNGPOH(SIDA)Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengadakan kegiatan Sekolah Lapang tanaman bawang merah yang bertempat di Padukuhan Klayar, Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar. Rabu pagi, 29 Juni 2022 BPP Kapanewon Nglipar mengadakan pertemuan pertama. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul, Kepala BPP Kapanewon Nglipar dilanjutkan dengan kegiatan persiapan lahan dan penanaman bibit bawang merah bersama petani muda Kapanewon Nglipar. Pada kegiatan tersebut BPP Kapanewon Nglipar berencana mengadakan 4 kali pertemuan dalam kurun waktu 2 minggu sekali. Pertemuan kedua para petani muda akan diajarkan cara pemeliharaan tanaman dan akan dilanjutkan pengendalian OPT pada pertemuan ketiga serta kegiatan panen, pasca panen, AUT pada pertemuan terakhir. Selain itu, BPP Kapanewon Nglipar juga memberikan wawasan lain yang masih berkaitan dengan bidang pertanian guna mendukung proses penanaman bawang merah.

Melalui pertemuan tersebut petani muda dapat mengetahui proses penanaman bibit bawang merah dari awal hingga akhir. Disamping itu petani muda juga dapat mengembangkan kemampuan mereka dibidang holtikultura. Tidak hanya penanaman bibit bawang merah saja yang diajarkan dalam kegiatan tersebut. Petani muda juga belajar bagaimana proses pemeliharaan tanaman, pengendalian OPT, pembuatan pupuk, serta bagaimana kegiatan pasca panen pada tanaman bawang merah. 

Diharapkan dengan adanya program sekolah lapang tanaman bawang merah dapat memajukan holtikultura yang ada di Kapanewon Nglipar khususnya pada Padukuhan Klayar. Sekolah lapang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petani muda dalam bidang holtikultura serta memajukan ekonomi masyarakat dalam bidang pertanian.

Dokumen Lampiran : SEKOLAH LAPANG TANAMAN BAWANG MERAH PETANI MILENIAL KAPANEWON NGLIPAR TAHUN 2022


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung