Simulasi penanganan bencana "Kedungpoh Diguncang Gempa 7,2 SR"

29 Oktober 2023 19:47:03 WIB

Kedungpoh(SIDA)deru sirine memenuhi suasana siang disekitaran dusun Nglorog dan Dusun Gojo Kalurahan Kedungpoh menandai kejadian gempa bumi 7,2 SR sabtu (28/10). Satu korban meninggal, puluhan korban luka yang terdiri dari laki-laki, Wanita, tua, muda juga anak-anak menjerit minta pertolongan. Banyak warga yang berhamburan berlarian mencari tempat aman. Namun dengan kesiap siagaan tim penanggulangan bencana (PB) Kalurahan Kedungpoh (dipimpin Suparman (54)) yang berhasil menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait (pemkal. Kedungpoh, forkompinkap Nglipar, UPT Puskesmas Nglipar 2 dan BPBD Gunungkidul) semua kondisi darurat tersebut dapat diatasi dengan baik. Semua tim PB melakukan tugas sesuai ketugasan yang diemban. Regu evakuasi melakukan evakuasi korban, regu Kesehatan merawat korban yang telah dievakuasi, regu pengungsian mempersiapkan tempat pengungsian dan mengkoordinir pengungsi, regu dapur umum mempersiapkan makanan untuk korban dan tim, ketua PB mengkoordinir ketugasan dan melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait sehingga bantuan dari Kepolisian, Tentara, Tim Kesehatan UPT Puskesmas 2 dan BPBD Kab. GK dapat dengan cepat bergerak sesuai apa yang dibutuhkan korban. Semua proses tersebut dijalankan dengan baik dalam 6 rangkaian adegan simulasi bencana gempa bumi di Kalurahan Kedungpoh.

Kegiatan yang dilaksanakan atas Kerjasama Pemerintah Kalurahan Kedungpoh, Yakum Emergency Unit (YEU) dan BPBD Kabupaten Gunungkidul itu berlangsung lancar. Dihadiri manager YEU Debora Dian Utami Nugraheni S.IP (Bu Ami), Sidiq Hery Sukoco SKM.MPH. Kabid. Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinkes Gunungkidul mewakili Bupati Gunungkidul, BPBD Gunungkidul, Forkompinkap Nglipar, UPT Puskesmas Nglipar 2, Pemkal Kedungpoh, FRB Kedungpoh dan warga yang ikut berperan serta warga yang menonton. Acara didahului apel FPRB, simulasi Gempa, Pelantikan FPRB dan diakhiri sambutan-sambutan.

Sambutan pertama Dwiyono Lurah Kedungpoh mengutarakan harapan semoga ini hanya sebatas sebagai kesiapan tim PB dan tidak pernah lagi terjadi bencana apapun di Kedungpoh namun beliau menkankan bahwa seluruh warga harus terlatih dalam menangani bencana. Senada dengan Dwiyono Sustiwiningsih S.TP. Panewu Nglipar dalam sambutannya beliau menambahkan harapan Kerjasama dengan YEU melebar ke bidang Infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Bu Ami selaku manager YEU mengucapkan selamat atas simulasi yang berjalan lancar “ini pertama dari seluruh desa binaan YEU di DIY dan simulasi ini merupakan hasil dari proses yang Panjang. Dari identifikasi masalah, FGD-FGD sehingga menghasilkan dokumen dan ini adalah ujiannya apakah berjalan atau tidak?” tandasnya. Menutup serangkaian sambutan Sidiq Hery Sukoco menekankan selain penanganan tanggap darurat bencana ada satu hal yang juga sangat penting yaitu penanganan trauma pasca bencana yang juga harus menjadi kompetensi yang dimiliki PB Kedungpoh lagi-lagi beliau berharap YEU hadir dalam hal tersebut. Acara diakhiri dengan penyerahan bantuan peralatan penanganan bencana dari YEU untuk FPRB Kedungpoh. #k23

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung