Panen cabe rawit, Sri Sultan Resmikan Lumbung Mataraman Kedungpoh

06 Desember 2023 08:16:28 WIB

Kedungpoh(SIDA) Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X hadir di Kalurahan Kedungpoh untuk meresmikan Lumbung Mataraman Kedungpoh yang berlokasi di Dusun Kedungpoh Kidul Senin pagi 4 Desember 2023.

Beliau berharap kucuran Dana Keistimewaan melalui berbagai program yang masuk ke Kalurahan Kedungpoh dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat. “Harus mampu meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat” tegasnya.

Tiba dilokasi Sri Sultan langsung melihat proses pemanenan air dari sungai untuk pengairan pertanian lumbung dan kolam ikan nila. Dilanjutkan pertunjukan kesenian dari gejok lesung “sekar tejo” dan tari dari group kesenian “manunggal laras”. Masuk kompleks utama Lumbung beliau melihat potensi UMKM, panen cabai rawit, green house melon, green house bibit, green house anggur dan kolam nila.

Adapun Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta yang turut mendampingi Gubernur DIY berharap Lumbung Mataraman dikelola dengan baik dan berkesinambungan agar dapat bermanfaat secara maksimal.

Selain meresmikan Lumbung Mataraman Gubernur DIY juga meresmikan "Eduwisata Kampung Madu Kedungpoh Lor". Merupakan program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli yang didampingi Fakultas Biologi UGM. turut hadir GM PLN Jateng DIY, Soffin Hadi beserta jajaran dan Dekan Fakultas Biologi UGM beserta jajaran. Dana sebesar 500.000.000 rupiah digunakan untuk pembangunan pasar, joglo edukasi, greenhouse KWT Wilis, rumah pupuk, stup dan gubuknya, mck serta peningkatan kapasitas UMKM Kedungpoh Lor. #k23

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung