Upacara Bersih Dusun Klayar pamerkan Wader Liwet dan Potensi Pertanian

rosadillah 26 Juni 2024 11:40:26 WIB

Kedungpohsida, Rangkaian upacara nyadran Wonopuro dusun Klayar, dimulai dengan acara pameran potensi pertanian dan pangan Minggu ( 23/6 ) di Joglo Noto Rejo Klayar RT 003 RW 010. Berbagai potensi pertanian ditampilkan Holtikultura antara lain Cabai Rawit, Bawang merah, Timun, Terong, Pare, Umbi – umbian dan juga Wader Liwet yang merupakan warisan kekayaan budaya non benda. Hadir dalam pembukaan acara tersebut, Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto, S.Kom., M.Si, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kbupaten Gunungkidul, Panewu Nglipar beserta jajaran, Lurah kedungpoh beserta jajaran, Konsultan pertanian dari panah merah, konsultan pertanian dari DGW dan warga Masyarakat. Senada dalam sambutannya Wakil Bupati Gunungkidul dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan menyampaikan bahwa potensi pertanian di Kalurahan Kedungpoh masih sangat besar tetapi belum optimal, Beliau berharap Masyarakat mampu mengoptimalkan potensi pertanian karena potensi pasar masih sangat besar.

Kegiatan kedua dari rangkaian bersih dusun Klayar yaitu Nyadran Wonopuro di Resan Kenet Klayar RT 005 RW 010, Senin ( 24/6 ) jam 09.00 sampai dengan selesai. Adat tradisi nyadran wonopuro yang selalu digelar setiap tahun adalah kisah tentang awal mula tradisi nyadran di dusun Klayar yang di awali dari muskha ( hilang /lenyap ) ki Wonopuro di resan Kenet. Adat tradisi tersebut juga dimainkan dalam pertunjukan Seni Adat Tradisi pada festifal Seni Adat Tradisi di Taman Budaya Gunungkidul bebera waktu yang lalu.  

Puncak acara rangkaian bersih dusun Klayar diadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Cermo Hadi Sutrisno dari Karangpoh Katongan yang memainkan lakon Sumilaking Pedut Pringgondani Selasa malam ( 25/6 ) di Balai Padukuhan Klayar. Dihadiri oleh Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta, Kepala Dinas Kebudayaan Agus Mantara S.IP, MM, Sekdin DPMKP2KB Muhammad Farkhan,S.Sos M.AP, Perwakilan dari Kapanewon Nglipar, Lurah kedungpoh beserta jajaran dan Warga Mayarakat.  Antusias Masyarakat sangat tingga sehingga memadati komplek balai dusun Klayar.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung